Melihat Sisi Lain dari Lagu ‘La la la’ by Naughty Boy

Melihat Sisi Lain dari Lagu ‘La la la’ by Naughty Boy





Salah satu lagu yang popular di tahun 2013 yang di produseri oleh Naughty Boy yang di nyanyikan berkolaborasi dengan Sam smith ternyata memiliki makna berbeda menurut beberapa orang.

Kita akan membahas tentang apa makna yang terkandung dalam lagu ini berdasarkan sudut pandang theonomy. Apa itu Theonomy?. Theonomy merupakan suatu pandangan tentang etika Kristen yang terkait dengan rekonstruksi komunisme Kristen, yang paling terkenal karena upayanya untuk menunjukkan bagaimana standar etika Perjanjian Lama dapat diterapkan pada masyarakat modern.

Dari segi lirik maupun video yang dibuat oleh produser lagu ini, keduanya dapat menimbulkan kontroversi yang mengusik orang-orang pada golongan tertentu.

Kita mulai dari lirik, lirik dari lagu ini  menggambarkan tentang seseorang yang menolak suatu ajaran atau gerakan yang mengajarkan tenteng “The New Messaiah” atau Mesias baru. Dalam lagu ini lirik yang digambarkan bahwa orang rang menolak tersebut memberikan gestur penolakan dengan menutup telinga menggunakan tangan sambil berkata “la la la”. Dalam kekristenan sendiri Mesias berarti sang Juru Selamat yaitu Yesus Kristus, berarti lagu ini merupakan penolakan terhadap ajaran tentang Yesus Kristus.

Judul dari lagu ini adalah “La la la”, dalam musik, tangga nada la merupakan tangga naa ke-6 jika kita kaitkan lebih dalam lagi judul lagu ini ada kaitannya dengan “666” dimana 666 merupakan simbol dari  gerakan “antichrist” . “Antichrist” sendiri merupakan gerakan yang menghujat nama Yesus atau bisa dibilang gerakan yang menolak untuk mengakui adanya Yesus sebagai Juru Selamat dan gerakan ini tentu saja sangat bertentangan dengan sudut pandang yang kita gunakan dalam menganalisa makna lagu “La la la” – Naughty Boy.

Lagu “La la la” juga memiliki video clip yang tidak kalah kontroversial dengan liriknya. Dalam video musik di lagu ini, seorang anak laki-laki dilecehkan secara verbal oleh seorang pria yang mungkin ayahnya. Melihat keluar dari jendela apartemennya, dia melihat seorang pria berpakaian luar biasa dan anjingnya berdiri di trotoar di luar. Anak laki-laki itu kemudian meletakkan jari-jarinya di telinganya dan mulai menyanyikan 'La la la' sebagai respons atas ledakan ayahnya. Anak tersebut kemudian berlari keluar apartemen, anak laki-laki itu bergabung dengan sosok misterius di luar dan membawa anjingnya. Melihat anak laki-laki di luar, sang ayah mengambil telur dari sarang burung di ambang jendela dan melemparkannya ke arah anak itu.

Anak laki-laki dan anjing itu melarikan diri dan pemandangannya mulai dari malam sampai siang hari. Anak laki-laki itu sedang berjalan menyusuri jalanan kota, dengan apa yang disebut-sebut sebagai La Paz, Bolivia, dan dia masuk ke depan toko dan di lantai bawah. Di ruang bawah tanah bangunan itu, ia menemukan sebuah gimnasium dan seorang pria berwajah ketakutan yang tertutup debu. Pria itu memegang tape yang menyediakan musik untuk sekelompok wanita yang melakukan aerobik dengan seorang wanita yang merupakan pemimpin yang memaksa (dengan kekerasan verbal) baik pria maupun orang lain yang ada di tempat itu. Maskara mereka mengalir di pipi mereka karena menangis. Anak laki-laki tersebut mendorong pria tersebut untuk pergi, tapi ia tampak enggan. Anak laki-laki itu kemudian meniru tindakan meletakkan jarinya di telinganya dan menyanyikan 'La la la', dan pria itu merespons dengan mematikan volume pada stereo. Pemimpin mulai berteriak pada pria itu, dan dia meletakkan jari-jarinya di telinga dan menyanyikan 'La la la' sebagai tanggapan atas omelannya. Pria berdebu, anak laki-laki dan anjing itu meninggalkan gimnasium dan diikuti oleh wanita yang berteriak setelah mereka pergi.

Pasangan itu kemudian menemukan penjual di jalan. Anak laki-laki itu memberinya beberapa koin, dan dia mengeluarkan apa yang tampak sebagai jantung manusia dari koleksi di keranjangnya. Dia memegang hati di udara, anak laki-laki itu menatapnya dan kemudian memasukkannya ke dalam saku jaket pria berdebu. Anak laki-laki itu kemudian melihat ke jalan dan melihat seorang polisi lalu lintas mengenakan seragam polisi yang berwarna-warni, terbuat dari kain rajutan yang cocok dengan wajah pria yang juga terbuat dari kain rajutan di tempat kulit. Hidung dan telinganya yang berukuran terlalu besar juga terbuat dari kain rajutan. Polisi lalu lintas menari saat mengarahkan lalu lintas. Anak laki-laki itu mengomel telinga dan menyodoknya ke polisi lalu lintas, dan kemudian dia melakukan gerakan itu sendiri. Ketiganya berangkat bersama, dan pemandangan tersebut memotong perjalanan mereka ke daerah pegunungan di luar kota. Mereka berjalan di sepanjang rel kereta api yang tidak digunakan dan melewati televisi kosong dan tidak terpasang yang masih menunjukkan gambar di layar. Perjalanan mereka kemudian membawa mereka melintasi padang garam, dengan petugas polisi lalu lintas membawa anak laki-laki yang sedang tidur itu dan pria berdebu yang sedang berjalan dengan anjing itu.

Adegan itu sampai malam tiba dimana mereka membakar api unggun. Anak laki-laki itu tidur di pelukan polisi lalu lintas sementara pria berdebu itu memegang dan menepuk anjingnya. Pemandangan itu berlanjut ke hari berikutnya, di mana mereka berjalan mendaki bukit menuju sebuah tambang yang tidak digunakan. Meninggalkan anjing yang diikat di pintu masuk, mereka menjelajah ke dalam tambang. Mereka menemukan El Tío. Saat melihat sosok itu, anak laki-laki itu mulai menangis dan dipeluk dan dihibur oleh kedua pria tersebut. Orang-orang itu kemudian pergi, dan anak itu tetap berlutut di depan sosok itu dan menyanyikan 'La la la' dengan jari-jarinya di telinganya. Video diakhiri dengan dua pria dan anjing yang telah meninggalkan tambang dan mereka terlihat berjalan pergi.

Banyak yeng menghubungkan video musik tersebut dengan kisah di film ‘The Wizzard of Oz’ namun arti sebenarnya di balik cerita ini didasarkan semata-mata sekitar legenda abad ke-19 yang melibatkan anak laki-laki tuna rungu yang telah melarikan diri dari rumahnya karena dia dianiaya dan saat dia pergi, dia menemukan seekor anjing liar yang menjaganya sejak saat itu. Setelah tinggal di jalanan untuk waktu yang lama, dia tahu bahwa dia memiliki kemampuan untuk menemukan masalah orang, dia kemudian bisa menyembuhkannya dengan berteriak, teriakan ini dikabarkan bisa sekeras gempa bumi atau bahkan tornado. Anak laki-laki itu menemukan seorang pria yang dilempari batu oleh penduduk desa lainnya saat diteriaki, anak laki-laki ini menggunakan kemampuannya untuk mengetahui apa yang salah dengan dia dan memperbaiki hati orang tua itu (ini adalah bagian dari video di mana dia laki-laki laki-laki itu membelikan jantung manusia untuk si ‘Dusty man’). Anak laki-laki dan orang tua itu kemudian bertemu dengan seorang pria cacat yang disalahgunakan dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Dengan menggunakan kekuatannya, bocah tersebut melepaskan kutukan dari pria itu dan menemukan bahwa pria tersebut adalah seorang nabi yang dikutuk oleh El Tio karena dia sama sekali tidak menyembahnya dan meninggalkan daerah dimana iblis tinggal tersebut. El Tio dianggap sebagai penguasa dunia bawah, manusia menawarkan hadiah untuk perlindungannya dan untuk mengurangi kemarahannya. Nabi mengatakan kepada anak laki-laki bahwa siapa pun yang bisa mendengar El Tio akan segera berada di bawah kendali penuhnya, dia juga mengatakan kepadanya bahwa El Tio dapat ditemukan di padang pasir, di mana dulu ada sebuah kota kecil yang menyembah El Tio namun dia mengutuk mereka untuk bunuh diri.
Sebagai kelompok mereka semua melintasi padang pasir dan memasuki tambang yang menampung iblis, namun mereka tidak ingin dikutuk sehingga hanya anak laki-laki kecil yang masuk dan karena dia tuli, dia tidak dapat dikendalikan oleh El Tio dan dia Menggunakan kemampuan istimewa ini untuk lebih menyuarakannya dan menghentikannya untuk mengutuk orang lain.




Bagi mereka yang tidak mengenal legenda Bolivia ini, video tersebut dapat digambarkan dengan cara yang sangat berbeda dalam kisah The Wizard of Oz, dimulai dengan anak laki-laki kecil yang mewakili Dorothy, saat ia meninggalkan dirinya sendiri, ia menemukan anjing itu. , Ini bisa menjadi penghubung dengan Toto, anjing yang dimiliki Dorothy, atau nama anjing dalam video La La La adalah Chow Chow, yang diterjemahkan sebagai 'anjing singa kecil' ini bisa berarti bahwa anjing itu juga terkait dengan Zeke, singa pengecut dari film ini, dia bisa bersamanya saat dia membutuhkan keberanian, kita kemudian juga bertemu dengan orang tua yang di belikan jantung oleh anak laki-laki tersebut, ini berhubungan dengan Hickory, pria timah yang membutuhkan hati, dan karakter terakhir yang Anda temui dalam video musik adalah orang yang menandakan lalu lintas, seperti yang diatur dalam kostum agar terlihat seperti orang-orangan sawah, dia pasti Hunk, dia membutuhkan otak untuk beraspirasi lebih banyak dalam hidupnya. Mereka kemudian melakukan perjalanan melintasi padang pasir, dalam kisah The Wizard of Oz digambarkan sebagai ‘the yellow brick’ yang membawa mereka sampai ke ‘The Wizrad’.
3 karakter itu kemudian mendapatkan apa yang mereka inginkan darinya dan meninggalkan Dorothy (anak laki-laki tersebut) dengan penyihir untuk dikirim pulang ke rumah.

Jika kita melihat baik lirik maupun video lagi ‘la la la’ ini hal yang membuat menjadi kontroversi adalah selipan-selipan unsur kegelapan jika kita melihat dari sudut pandang Theonomy, seperti penggunaan sosok seperti iblis pada video clip yang di gambarkan sebagai El Tio, penggunaan judul lagu yang bisa dihubungkan dengan symbol antichrist (666), penolakan akan ajaran Mesias yang terdapat pada lirik lagunya.

Namun demikian itu semua kembali kepada sudut pandang mana yang ingin kita pakai untuk menganalisa lagu ini. Jika kita menggunakan sudut pandang Theonomy tentu akan bertolak belakang dengan doktrin-doktrin yang dipercaya, yaitu tentang Ketuhanan dengan Yesus sebagai Tuhan. Yang terpenting adalah kita sebagai pendengar harus lebih waspada dalam memilih lagu mana yang akan kita dengarkan, jangan “ditelan mentah-mentah” dan harus bijaksana.

Komentar

Posting Komentar